Ilustrasi merupakan sebuah gambaran atau lukisan yang bisa digunakan untuk hiasan yang bisa dipakai sebagai penjelas dalam sebuah teks pada buku ataupun pada bentuk lain tulisan. Menggunakan ilustrasi dalam sebuah teks bertujan agar pembaca lebih memahami isi tulisan secara visual. Pastinya ilustrasi tersebut harus baik walaupun tidak detil. Sehingga dalam menggambar ilustrasi terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan. Hal-hal tersebut berfungsi agar ilustrasi memiliki nilai estetika yang baik. Berikut ini terdapat hal-hal yang perlu.

  1. Ide ilustrasi

Ide merupakan hal yang mendasar dalam membuat ilustrasi. Apabila dalam buku teks, sebelum menggambar ilustrasi perlu memahami terlebih dahulu apa isi dalam teks. Setelah memahami isi cerita maka akan lebih mudah dalam menuangkan ide yang sudah didapat dalam menggambar illustrasi.

  1. Sketsa

Setelah mendapatkan ide cerita maka yang perlu dilakukan adalah membuat sketsa. Sketsa merupakan gambaran kasar atau sederhana dalam ilustrasi. Dalam membuat sketsa akan lebih mudah menggunakan pensil agar bisa dihapus apabila ada proporsi yang kurang pas.

  1. Proporsi

Proporsi merupakan keseimbangan bentuk serta ukuran suatu benda yang akan digambar. Kesesuaian tersebut membuat ilustrasi terkesan wajar, namun apabila ingin menggambar illustrasi yang berjenis karikatur maka proporsi gambar tidak perlu terlalu diperhatikan karena semakin terlihat tidak proporsional maka semakin baik.

  1. Proses Pewarnaan Gambar

Setelah sketsa telah dibuat dengan proporsi yang sesuai maka pelu masuk dalam proses pewarnaan. Memang tidak semua ilustrasi perlus diwarnai, namun untuk mendapatkan kesan lebih hidup maka diperlukan ketrampilan dalam proses pewarnaan. Pewarnaan yang baik perlu memperhatikan beberapa hal, salah satu contohnya adalah detil dalam gelap terang. Gelap terang dalam pewarnaan illustrasi yaitu menentukan dari mana arah sinar datang dan kemana jatuhnya bayangan.

  1. Bayangan

Dalam menggambar ilustrasi, bayangan memiliki peran yang sangat penting yaitu untuk terciptanya kesan tiga dimensi. Bayangan biasanya samar-samar, namun memberikan kesan yang semakin hidup. Bayangan dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Banyangan awak, merupakan bayangan dari benda itu sendiri
  2. Bayangan langkah, adalah bayangan benda karena sinar yang mengenai benda lain
  3. Bayangan sendiri, merupakan bayangan pada benda yang berada di permukaan yang licin.
  4. Peralatan untuk menggambar ilustrasi

Biasanya bahan dan alat dalam menggambar ilustrasi hamper sama dengan alat-alat yang dihunakan untuk menggambar lainnya. Kertas, pensil, penghapus, pewarna, dll. Seiring dengan berkembangnya teknologi maka kini sudah tersedia alat-alat digital yang bisa digunakan juga untuk menggambar, seperti paint tab.

Hal-hal diatas bisa menjadi landasan dasar dalam menggambar illustrasi. Tidak ada ilustrasi yang buruk, karena semua ilustrasi adalah baik karena merupakan hasil dari kreativitas. Selamat mencoba menggambar ilustrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *